Kamis, 06 Maret 2014

5 Kuliner Paling Top Di Bali; Ngilerrr!!



Bali, dikenal di seluruh penjuru dunia dengan keindahan alamnya : Sea, Sand, Sun, (dan..Surfing!) dan objek wisata yang sangat menarik, tersebar di hampir seluruh regensi dari pulau dewata ini. Tetapi yang tidak kalah menarik adalah makanan khasnya, sehingga tidak salah rasanya mengatakan – belum ke Bali kalau belum mencicipi kuliner asli Bali berikut ini, walaupu makanan asli Bali banyak sekali ragamnya, kali ini semua dirangkum dalam 5 Top Foods asli Bali. Siap-siap ngiler ya…:

1. Nasi Ayam Ibu Oki


Nasi campur Bali, adalah salah satu makanan khas pulau ini. Mulai dari Babi Guling Ibu Oka di Ubud, Nasi Ayam Kedewatan, Nasi Ayam Wardani di Denpasar, Nasi Campur Satria, dan lain lain, variasi nasi dan lauk daging versi pedas dengan bumbu khas Bali yang kaya rempah-rempah dapat ditemui di banyak tempat makan di pulau ini. Nasi Ayam Ibu Oki di Jalan Uluwatu (dekat Nirmala Supermarket), Jimbaran yang sangat gurih dan tidak sepedas nasi campur Bali lainnya. Karena ini makanan tradisional, pelayan warung makan inipun menyajikan lauk ayam ke piring kita dengan tangan, buat yang tidak nyaman dengan cara seperti ini, lebih baik duduk manis menunggu nasi diantar ke meja kita daripada melihat saat mereka menyiapkan makanan tersebut.

2. Nasi Jinggo

 
Menurut cerita para penjual jinggo, sejarahnya Nasi Jinggo di Bali dimulai dari Jalan Gajah Mada, Denpasar, dimana terdapat Pasar Kumbasari dengan aktifitas 24 jamnya, sehingga banyak orang-orang di pasar yang harus begadang dan perlu makanan pengganjal perut di malam hari. Nah konon nama Jinggo itu berawal dari Gang J – untuk Jinggo di daerah ini, dari warung pertama yang buat nasi kucing ala Bali ini. Isi dalam Nasi Jinggo adalah: ayam suwir, kacang mentik, tempe manis, telur dadar,mie goreng beberapa helai, serundeng (dalam bahasa bali disebut : saur), dan yang terpenting : sambal pedasnya. Harganya sangat amat murah : berkisar antara 3000 – 6000 rupiah saja. Untuk yang sedang berwisata ke daerah Nusa Dua, jangan lupa coba Nasi Jinggo Wikowi dekat gerbang dan lampu merah kawasan BTDC.

3. Sate Lilit Ikan Tenggiri Pasar Sukawati


Sate lilit merupakan salah satu makanan khas Bali. Sate ayam, sapi, ikan tuna, bahkan babipun banyak aneka ragam sate versi lilitnya. Yang khas dari sate lilit adalah pelepah batang kelapa yang dipakai, bukan bambu. Wisatawan yang berkunjung ke Pasar Sukawati di Gianyar untuk berbelanja oleh-oleh, wajib mencicipi Sate Ikan Tenggiri Pak Komang yang terletak di perempatan sebelum menuju Pasar Seni Sukawati. Spanduk yang tercetak disitu adalah Sate Ikan Pak Nyoman, tapi nama penjual yang sebenarnya adalah Pak Komang. Dibanding dengan ikan tuna, sate tenggiri lebih gurih, tidak amis, dan sambal kuah kunyitnya sangat istimewa sebagai pelengkap. Dimakan dengan Tipat (ketupat) atau Nasi Tela (nasi campur ketela rebus dicacah kecil-kecil), membuat kita ketagihan untuk datang lagi.

4. Rujak Bali

 
Cemilan segar di siang hari yang terik paling pas rasanya : Rujak Bali. Variasi bumbu khas dengan buah serta sayur yang dipakai tidak kalah menarik untuk dicoba para penggemar wisata kuliner. Kunjungi Warung Rujak Singaraja di seberang pertokoan Udayana, Denpasar (sebelah Siobak Singaraja), mulai dari Rujak Rumput Laut yang disebut Rujak Bulung, Rujak Cuka, Rujak Gula, sampai yang bau kuahnya sangat menyengat yaitu Rujak Kuah Pindang, ada semua disana. Penasaran dengan varian Rujak Bali ini, pesan saja semuanya, rasanya rame!…

5. Ayam Betutu

 
Ayam ini diolah dengan bumbu rempah Bali yang khas : bawang merah, bawang putih, cabai, kunyit, jahe, lada hitam, dan minyak kelapa, kemudian dibungkus dengan daun pisang, diungkep dalam waktu yang cukup lama, dan dimasak dalam tungku tradisional sehingga menghasilkan cita rasa dan aroma yang sangat gurih, sangat layak disajikan mulai dari kelas warung sampai taraf hotel bintang lima sebagai kuliner unggulan pulau ini. Ayam Betutu dapat dinikmati dalam bentuk satu ayam utuh dibungkus daun dan dijadikan oleh-oleh makanan Bali, atau sebagai lauk pada nasi campur Bali. Rumah Makan Ayam Betutu Men Tempeh yang sudah ada sejak tahun 1976 dan terletak di Terminal lama pelabuhan Gilimanuk adalah pelopor sajian kuliner khas Bali ini. Saat ini Anda dapat menemui Ayam Betutu di banyak penjuru kota Denpasar, Kuta, Nusa Dua.

Penasaran pengan cobain? Booking aja tiketna di:
SRIKANDI TOUR AND TRAVEL; cheaper, faster
Revio Building Lt. 2
Jl. Kaliwaron 58-60 Surabaya 60285
Phone: 082141606278           
BB : 29F6B6B4

Ready Pesawat Dan Kereta Api

Ingin info unik dan menarik plus tips-tips tentang travelling?
Follow kami             : @travelkeren
: @singaporeyuk
: @thailandyuk
Page Facebook:       : Srikandi Tour And Travel
: yukkesingapore
: yukkethailand
Group                        : Travell Keren

Rujukan: http://www.wisatakulinerbali.com/5-top-foods-asli-bali/


Tidak ada komentar:

Posting Komentar