Selasa, 11 Februari 2014

6 Wisata Sungai Unik di Indonesia: KEREN!!



Indonesia dikenal sebagai negara yang kaya akan wisata alam yang sangat menawan. Wilayah Indonesia terletak didaerah tropis yang terdiri dari berbagai pulau, lautan, pegunungan, danau, sungai dll. Beberapa sungai yang ada di indonesia antara lain Sungai Mahakam, Barito, Musi, Brantas, Bengawan solo dan lain-lain. Sebagai bentuk rasa syukur, bangsa-bangsa besar jaman dahulu lahir membuat peradaban juga memanfaatkan aliran sungai untuk sumber kehidupan. Misalnya Peradaban Mesir kuno memanfatkan sungai Nil, Peradaban masyarakat Mohenjo-Daro dan Harappa memnfaatkan Sungai Indus dan juga masyarakat bangsa Sumeria, Akadia, Babilonia memanfaatkan sungai Eufrat dan Tigris dan masih banyak lagi.

Selain sebagai tempat untuk mendapatkan air, sungai sekrang juga berguna untuk objek wisata yang sangat menarik. Utamanya sungai yang masih alami, sejuk dan memiliki keunikan tersendiri. Mari kita tengok beberapa sungai yang unik di Indonesia berikut:

1. Sungai Cisolok
 
Berada di lokasi wisata air panas Cisolok, Sukabumi, Jawa Barat. Di tengah-tengah sungai, air panas menyembur deras dengan suhu 80 derajat celcius. Semburan air panas muncul dari dalam tanah. Air panas ini memancar keluar dengan tekanan yang cukup tinggi. Sungai ini mempunyai tiga titik semburan. Semua semburan berasal dari geyser, air panas yang melewati lapisan kerak bumi.

2. Sungai Biskori


Lokasinya di kawasan Hutan Suaka Alam Tanjung Peropa, Kabupaten Konawe Timur, Kendari, Sulawesi Tenggara. Ada air terjun dengan tujuh tingkat yang membuat pemandangan yang luar biasa indahnya. Air terjun ini dikenal dengan nama air terjun Moramo. Air terjun ini berbeda dengan air terjun pada umumnya. Air terjun Moramo memiliki bentuk yang bertingkat hingga 100 meter ketinggiannya. Dari tujuh tingkat itu, di antaranya terdapat lagi puluhan tingkat-tingkat kecil setinggi setengah hingga satu meter yang semakin memperindah keelokan tempat ini.

3. Sungai Kandilo


Di hulu Sungai Kandilo ada suatu tempat yang oleh masyarakat sekitar dinamakan Liang Mangkulangit . Liang Mangkulangit merupakan gunung batu yang menjadi dinding dan atap dari Sungai Kandilo yang lokasinya terletak di Provinsi Kalimantan Timur,Kabupaten Paser,Kecamatan Muara Komam, Desa Muara Kuaro. Perjalanan menuju Liang Mangku Langit ini ditempuh dari kota kecamatan Muara Komam ke arah Desa Lusan sejauh 5 Km . Tiba di Jembatan Kandilo turun dan ganti kendaraan air, dengan mempergunakan Perahu Motor kearah hulu sungai perjalanan di air ditempuh sekitar 10 menit.

4. Sungai Bawah Tanah Gua Pindul

Terletak di dalam gua pindul. Gua Pindul merupakan salah satu gua dari serangkaian 7 gua dengan aliran sungai bawah tanah. Gua Pindul terletak di Dus, Gelaran, Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunung Kidul. Uniknya, sungai ini berada di bawah tanah dan melalui gua yang gelap. Sungai bawah tanah ini memiliki panjang sekitar 300 m dan lebar 5 m. 

5. Sungai Kampar


Lokasinya di Desa Teluk Meranti. Desa ini berada di timur laut dari Pekanbaru, Riau. Sungai ini unik karena bisa dijadikan sebagai tempat selancar. Biasanya olahraga surfing atau selancar dilakukan di laut. Tapi para surfer juga bisa melakukannya di sungai Kampar. Pada waktu-waktu tertentu, timbul ombak besar di Sungai Kampar. Tinggi ombak bisa mencapai enam sampai tujuh meter. Penduduk lokal menyebut ombak besar di Sungai Kampar sebagai Bono.

6. Sungai Tamborasi
Sungai Tamborasi berada di Kecamatan Tamborasi, Kolaka, Sulawesi Tenggara. Menariknya, sungai ini hanya memiliki panjang sekitar 20 meter saja. Ini menjadikannya sebagai sungai terpendek di dunia. Sungai Tamborasi memiliki hulu dan hilir dalam satu tempat yang berdekatan. Letak hulu sungai yang berasal dari mata air yang keluar dari bukit batu kapur hanya berjarak sekitar 20 meter dari hilir yang bermuara langsung ke laut.

Mau berkunjung ke 6 sungai ini, yuk booking tiketnya di sini:
Srikandi Tour and Travel; cheaper, faster, 24 hours
Revio Building Lt. 2
Jl. Kaliwaron 58-60 Surabaya 60285
Phone: 082141606278           
BB : 29F6B6B4

Ready Pesawat Dan Kereta Api

Ingin info unik dan menarik plus tips-tips tentang travelling?
Follow kami             : @travelkeren
: @singaporeyuk
Page Facebook:       : Srikandi Tour And Travel
: yukkesingapore
Group                        : Travell Keren

rujukan: http://awanbiru43.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar