Minggu, 09 Februari 2014

Museum Yang Masih Rahasia Di Jakarta: Keren Abis!!!



1.  Museum Basoeki Abdullah, Jakarta Selatan
 

Museum Basoeki Abdullah terletak di Jl Keuangan Raya No 19, Cilandak Barat, Jakarta Selatan. Dibuka dari hari Selasa - Jumat, pukul 08.00 - 16.00 WIB dan Sabtu-Minggu pukul 08.00 - 15.00 WIB. Museum ini diperuntukkan khususnya untuk para penikmat seni.

Museum berlantai dua ini awalnya adalah rumah Basoeki Abdullah. Seniman ini merupakan seorang pelukis handal yang lahir tahun 1915 dan meninggal di tahun 1993.

Di lantai satunya, Sobat bisa melihat berbagai peninggalan dan catatan-catatan prestasi emasnya. Basoeki Abdullah pernah diundang oleh Ratu Elizabeth II untuk mengikuti lomba melukis. Dalam lomba tersebut, beliau berhasil menjadi juara dan karyanya di simpan di Kerajaan Belanda.


2.  Museum Sumpah Pemuda, Jakarta Pusat


Jakarta punya banyak museum yang menyimpan sejarah kemerdekaan bangsa Indonesia dari penjajahan Belanda dan Jepang. Sebut saja misalnya, Museum Sumpah Pemuda yang beralamat di Jl Kramat Raya no 106, Jakarta Pusat.

Menariknya, museum ini khusus menyimpan kisah para pejuang yang mengusir penjajah di usia muda. Satu yang terkenal di museum ini adalah adanya diorama peristiwa Sumpah Pemuda yang terjadi pada tanggal 28 Oktober 2013. Diorama tersebut berada di bagian tengah museum dengan menampilkan tujuh patung pemuda yang sedang duduk dan satu patung yang sedang memainkan biola.

Di bagian belakang museum, ada ruangan tentang perjuangan para pemuda melalui media dan melalui organisasi pramuka. Museum Sumpah Pemuda juga mempunyai ruangan 'biografi mini'khusus Wage Rudolf Soepratman, sang pencipta lagu kebangsaan Indonesia, 'Indonesia Raya'.

3.  Museum Art Decor

Satu lagi museum yang mungkin belum diketahui oleh para penikmat sejarah dan seni. Ya, itulah Museum Art Décor yang terletak di Jl Rajawali Selatan Raya No 3, Kemayoran, Jakarta Utara. Uniknya lagi, Sobat bisa masuk ke sini tanpa perlu mengeluarkan seperak rupiah pun, alias gratis.

Seperti Museum Basoeki Abdullah, Museum Art Mon Decor juga menampilkan berbagai karya seni lukis. Bedanya, karya seni yang dipajang di sana sesuai tema yang berganti setiap tiga bulan sekali. Beberapa maestro lukis pernah memamerkan karyanya di sana, seperti Affandi, Sunaryo, dan Srihadi Soedarsono.

Museum ini dibagi menjadi 3 lantai yang semuanya dikhususkan untuk memamerkan lukisan, serta berbagai karya patung pun ada di sana.


4.  Museum Kepolisian Negara Republik Indonesia (Museum Polri), Jakarta Selatan

Museum Kepolisian Negara Republik Indonesia disebut juga Museum Polri. Museum ini berlokasi di Jl. Trunojoyo No 3 Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Ada 7 ruangan di dalam Museum Polri yang bisa dimasuki wisatawan. Ruangan tersebut adalah Ruang Koleksi dan Peristiwa, Ruang Sejarah, Hall of Fame, Ruang Kepahlawanan, Ruang Simbol dan Kesatuan, Ruang Penegakan Hukum, dan Kids Corner.

Museum ini bakal mengajak Sobat lebih dekat mengenal tugas-tugas polisi. Selain itu, berbagai peristiwa bersejarah dan cerita suka-suka menjadi seorang polisi bisa dipelajari di sini.

Uniknya, anak-anak di ruang Kids corner akan melakukan simulasi menjadi polisi. Mereka akan belajar menjadi polisi detektif dan memecahkan suatu kasus. Sungguh menarik!

5.  Museum Katedral

Lokasi Gereja Katedral terletak di Jl Katedral No 7 B Pasar Baru, Jakarta Pusat. Di dalam gereja ini terdapat sebuah museum yang menyimpan berbagai benda-benda bersejarah milik gereja yang sudah berumur dua abad lebih. Ada buku Baptis tahun 1811, Patung Bunda Maria yang diapit oleh sepasang pria wanita Jawa yang sedang menyembah berumur 80 tahun lebih, hingga tongkat hadiah pemberian dari Paus Paulus VI pada tanggal 3-4 Desember 1970.

Beragam benda-benda bersejarah di Gereja Katedral tersimpan dengan rapi. Museum ini buka tiap hari Senin, Rabu dan Jumat, dari pukul 10.00-12.00 WIB.

Pengen kesana?? Yuk Booking ticketnya di sini aja:
Srikandi Tour and Travel; cheaper, faster, 24 hours
Revio Building Lt. 2
Jl. Kaliwaron 58-60 Surabaya 60285
Phone: 082141606278    
BB : 29F6B6B4

Ready Pesawat Dan Kereta Api

Ingin info unik dan menarik plus tips-tips tentang travelling?
Follow kami        : @travelkeren
: @singaporeyuk
Page Facebook:   : Srikandi Tour And Travel
: yukkesingapore
Group       : Travell Keren
Rujukan:

Rujukan:http://www.lipton.co.id




Tidak ada komentar:

Posting Komentar