Rabu, 15 Januari 2014

Beberapa Laut Paling Indah Milik Indonesia


Indonesia memang terkenal memiliki beberapa laut yang eksotik dan sangat menarik. Tak heran, banyak wisatawan asing yang singgah di Indonesia hanya untuk menikmati pesona laut-laut yang kita punya. Seperti beberapa di bawah ini:

Pulau Nusa Penida. Letaknya satu jam dari Bali. Pulau Nusa Penida memiliki salah satu terumbu karang paling sehat. Terumbu karang ini bisa dilihat dengan jelas dari jarak 15 hingga 35 meter. Terdapat beberapa lokasi menyelam di daerah utara pantai. Sebut saja misalnya  Blue Corner, Nusa Lembongan dan Gamat. Sobat travelling bisa menyelam disana untuk menikmati indahnya alam bawah laut sekaligus menjajal tantangannya.

Bintan, Riau, mempunyai 18 km pantai pasir putih dengan biota laut yang kaya. Sobat bisa melihat langsung ngarai laut sedalam 8 meter berdasar rata, tidak begitu jauh dari pantai. Ini tempat sempurna untuk belajar menyelam. Sobat juga bisa menjelajahi kapal tanker tua yang telah lama tenggelam.

Jakarta, identik dengan gedung bertingkat, banjir dan jalanannya macet. Ternyata, di Jakarta sobat bisa juga menikmati keindahan laut. Sebut saja misalnya Kepulauan Seribu, rumah terumbu karang yang molek. Untuk sampai di lokasi, cukup menempuh satu hingga dua jam dari dermaga Marina, Jakarta menggunakan kapal cepat. Beberapa pulau lainnya yang terkenal yaitu Pulau Kotok Besar, Pulau Kotok Kecil, Karang Bongkok, Pulau Sepa dan Pulau Pantara. Sobat cukup menyewa kapal yang lebih kecil meluncur ke lokasi menyelam. Tentu saja tidak kalah cantik dengan daerah lain di Indonesia.

Selain Pulau seribu, laut Jawa masih memiliki surga terumbu karang. Di utara Semarang, Jawa Tengah, kita jumpai Kepulauan Karimun Jawa, yang terdiri dari 27 pulau yang dilingkupi deretan terumbu karang koral biru Acropora. Di Karimun Jawa Sobat juga bisa menyaksikan bangkai Indonour, yaitu kapal dagang yang tenggelam tahun 1955. Sobat bisa juga berenang dengan bayi hiu di lokasi penangkaran.

Di ibukota Kabupaten Berau, sekitar 50 mil Tanjung Redeb, ada terumbu karang menakjubkan dengan gua bawah laut. Namanya, Pulau Derawan. Pulau itu memiliki lebih dari 17 lokasi menyelam, dengan keunikan tersendiri. Beberapa lokasi terkenal yaitu sekitar daerah Pulau Sangalaki, Pulau Kakaban dan Pulau Maratua.

Di Sangalaki, sobat travelling bisa melihat berbagai jenis ikan pari, sotong dan hiu macan. Kura-kura raksasa bertelur di malam hari, juga bias disaksikan. Dan di Pulau Kakaban terdampar danau air asin berisi ubur-ubur yang tidak menyengat. Di Pulau Maratua, barakuda serta tuna bisa di temukan dimana-mana. Bahkan bisa melihat hiu martil dan delapan jenis lumba-lumba.

Tidak hanya komodo yang berserak di Pulau Komodo. Tapi juga, ada berbagai jenis ikan warna-warni yang sangat indah sekali, di bawah lautnya. Adapun lokasi menyelam di Pulau Komodo, antara lain Sebayour Kecil, Pulau Tengah Kecil dan Pantai Merah. Tempat ini adalah salah satu laut Indonesia paling indah. Sobat juga bisa meluncur ke daerah barat Flores. Seperti Pulau Tatawa, Pulau Tatawa Kecil, Pulau Rinca dan Pulau Nusa Node.
Adapun Bunaken, Sulawesi Utara, juga punya reputasi internasional untuk keindahan 16 lokasi menyelamnya. Termasuk lereng 30 meter yang menjadi rumah berbagai spesies ikan dan biota laut. Beberapa lokasi menyelam utama adalah Pulau Sialdoen, Gangga, Mantehage, Nine dan gunung berapi laut bernama Manado Tua.

Sedangkan, Selat Lembeh, Sulawesi Utara, terkenal dengan biota laut yang unik. Seperti gurita bunglon, kuda laut mini, ikan katak dan sotong flamboyan. Sayangnya, Selat Lembeh hanya cocok untuk penyelam berpengalaman. Untuk pemula, sebaiknya tunggu Profesional dulu baru menjajal tantangan di Selat Lembeh.

Itulah beberapa laut paling Indah di Negeri kita. Ini, sangat cocok bagi Sobat sekeluarga untuk berlibur ke sana. Selamat menikmati…

Rujukan: http://www.mentari.biz/laut-terindah-indonesia.html

Yuk Booking ticketnya di:
Srikandi Tour and Travel; cheaper, faster, 24 hours
Revio Building Lt. 2
Jl. Kaliwaron 58-60 Surabaya 60285
Phone: 082141606278
BB : 29F6B6B4
Garuda Indonesia, Lion Air, Citilink, Sriwijaya Air, Batavia Air, Merpati, Batik Air, Kalstar, Avia Star, Tigerairways.com, Air Asia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar