Selasa, 21 Januari 2014

Presiden Soekarno Pernah Bertapa Di Gua Banyuwangi???



Di kota Banyuwangi, memang ada beberapa objek wisata. Salah satunya adalah Gua Istana Banyuwangi. Gua ini memiliki kisah paling unik. Karena gua yang terletak di Taman Wisata Alas Purwo tersebut tak hanya berfungsi sebagai tempat wisata tapi juga tempat favorit untuk bertapa. Nah konon katanya, Presiden Soekarno juga pernah singgah ke gua tersebut.

Gua Istana sendiri tidak terlalu susah untuk dijangkau. Hanya perlu trekking sejauh 2 km dari Pos Resor Pancur melewati sebuah hutan bambu. Suasana di sekitar Gua Istana masih sangat alami sehingga masih terdengar kicau aneka burung saling bersahutan di sekitar gua tersebut.

Setelah tiba di gua, Sobat travelling bisa masuk dengan mendaki puluhan anak tangga. Ketika sudah di dalam, tercium bau dupa yang menyengat di hidung. Maklum saja, Gua Istana adalah gua yang sering digunakan sebagai tempat semedi oleh para pertapa. 

Eko Priyanto, polisi hutan Taman Nasional Alas Purwo, mengatakan bahwa Gua Istana bisa dikategorikan sebagai sebuah tempat wisata ritual. Banyak umat Hindu Bali yang datang untuk bersembahyang. Bukan hanya dari Bali, kelompok-kelompok tertentu dari daerah Sumatra, Jawa, serta Kalimantan juga sering datang ke gua ini untuk semedi. Karenanya, tidak heran jika di gua tersebut terdapat banyak dupa serta bekas kardus atau koran yang digunakan sebagai alas bersemedi oleh para pertapa.

Eko mengatakan bahwa para pertapa yang bersemedi di Gua Istana Banyuwangi biasanya melakukan semedi untuk memohon rezeki dan kesehatan kepada Yang Maha Kuasa. Eko juga mengatakan bahwa selain pertapa yang datang untuk bersemedi memohon rezeki dan kesehatan, ada juga pertapa yang melakukan semedi untuk menambah ‘ilmu’. Tapi ada satu hal yang membuat Eko heran yaitu apa alasan gua tersebut dinamai Gua Istana. Kemudian dia menambahkan bahwa menurut cerita masyarakat setempat, awalnya Gua Istana dipakai oleh orang-orang besar dari Istana Negara sebagai tempat semedi. Bahkan, konon katanya Presiden Soekarno pernah mengunjungi gua tersebut. Meski begitu, Eko menegaskan bahwa hal tersebut hanyalah cerita masyarakat yang tersebar dari mulut ke mulut dan tidak ada bukti peninggalan dari Presiden Soekarno maupun bukti tertulis dalam buku sejarah.

Gua Istana sendiri mulai ramai dikunjungi orang sejak tahun 1990-an. Apalagi pada Bulan Suro. Bahkan, ada pengunjung yang sampai bermalam di situ. Udara di dalam Gua Istana lembab dan bunyi kelelawar akan terdengar di gua ini. Cahaya matahari masih bisa masuk ke bibir gua. Namun begitu masuk ke bagian tengah gua, suasananya menjadi gelap gulita. Maka para pengunjug harus menyalakan senter untuk menerangi isi gua tersebut. Jangan heran kalau banyak kelelawar yang bergelantungan. Di dalam gua, juga terdapat lubang kecil berisi mata air.

Selain kelelawar yang bergelantungan, kardus dan tikar yang digunakan sebagai alas bersemedi juga turut menghiasi gua ini. Di bagian tengah gua, terdapat sebuah kursi yang terbuat dari kayu. Eko mengatakan bahwa kursi itu dulunya dibuat oleh umat Hindu Bali untuk sarana meditasi. Mereka menyebutnya altar. Ukuran Gua Istana sendiri tidak terlalu besar. Selain menjadi tempat semedi, gua tersebut juga bisa menjadi tempat yang bagus untuk para peneliti gua maupun mereka yang sekedar ingin melihat aneka flora dan fauna yang hidup di dalamnya.

Jika Sobat tertarik mengunjungi Gua Istana, cukup membeli tiket masuk yang dijual sangat terjangkau, Rp 2.500,00. Itu sudah termasuk tiket masuk ke Taman Nasional Alas Purwo. Maka, Sobat sekalian juga bisa menjelajah Taman Nasional Alas Purwo.. Terlepas dari benar atau tidaknya kisah Presiden Soekarno atau para pertapa di gua tersebut, Gua Istana layak menjadi daftar tujuan berwisata Sobat travelling saat berlibur ke Banyuwangi. Jika ingin membuktikan sendiri suasana gelap gulita di dalam gua atau jika berminat untuk menenangkan diri dengan cara bersemedi di dalam gua, Sobat harus coba berkunjung ke Gua Istana Banyuwangi.

Yuk Booking ticketnya di:
Srikandi Tour and Travel; cheaper, faster, 24 hours
Revio Building Lt. 2
Jl. Kaliwaron 58-60 Surabaya 60285
Phone: 082141606278           
BB : 29F6B6B4

Ready Pesawat Dan Kereta Api

Ingin info unik dan menarik plus tips-tips tentang travelling?
Follow kami: @travelkeren
Page Facebook: Srikandi Tour And Travel
Group: Travell Keren

Tidak ada komentar:

Posting Komentar