Senin, 20 Januari 2014

Mitos Unik Wisata Watu Dodol



Wisata alam pantai Watu Dodol, adalah satu tempat Wisata yang ada di Banyuwangi. Disaat berada di wisata tersebut akan dijumpai patung besar yang bertuliskan "Selamat Datang di Kabupaten Banyuwangi”. Tulisan itu juga bermakna menyapa para pengunjung yang menempuh perjalanannya dari arah Jember dan Situbondo. 

Watu dodol adalah bongkahan batu granit setinggi tujuh meter dan bergaris tengah sekitar tiga meter. Persis bertengger di tengah-tengah jalan raya.

Konon menurut cerita yang berkembang di masyarakat setempat terkait asal usul Watu Dodol, bahwa nama “Watu Dodol” berasal dari kata Watu (bahasa Jawa) yang berarti Batu, dan Dodol yang bararti jenang. Cerita asal usul Watu Dodol ini bukan berasal dari masyarakat lokal. Karena pelaku cerita adalah Kyai Semar, tokoh pewayangan. Sedangkan warga Using (asli Banyuwangi), tidak mengenal tradisi pewayangan.

Katanya juga, Batu itu berasal dari dagangan Kyai Semar yang terjatuh di tempat itu. Sedang berasnya tumpah, menjadi pasir yang bersih di sekitar pantai watu dodol. Alat pukulnya, kayu kelor, terlempar dan menancap di sela-sela batu di sebelah kanan jalan (kalau dari arah barat). Makanya, di celah batu itu bisa tumbuh pohon kelor. 

Bagi masyarakat Jawa, kelor merupakan senjata pamungkas untuk menghilangkan segala pengaruh mistik. Seperti ilmu kanuragan atau ilmu hitam, diyakini akan luntur bila bersentuhan dengan kayu kelor. Sementara bagi warga Using, daun kelor menjadi bahan sayur segar yang disajikan pada siang hari. Terutama pada hari ke-2 dan setelah pada Idul Fitri. Bisa dipastikan, banyak orang Using yang memasak sayur daun kelor.

Keanehan lain, adanya air tawar yang keluar dari bibir pantai di watu dodol. Padahal, di kawasan itu kan air asin semua. Masih menurut cerita tadi, konon air berasal dari bekal minum Kyai Semar yang tumpah. Bagi orang yang percaya bahwa air itu merupakan air kehidupan (Tirto Nadi). Mereka ada yang membawa pulang, dengan berbagai alasan yang dipercayainya sendiri.

Tak jauh dari Watu Dodol, ada sebuah pohon kilor yang tumbuh di atas batu. Pohon kilor ini berasal dari pikulan dodol tersebut, yang terlempar ketika dodol tumpah. Sementara di seberang Pantai Watu Dodol, terlihat pasir putih yang juga diyakini berasal dari tepung sagu bekal para tentara Jawa. Di kawasan ini juga terdapat sebuah sumber air tawar yang terdapat tepat di bibir pantai.(BMI/Hasan Sentot dan Joko Sulistyobudi)
Jika kita turun ke area pantai, akan didapati sumur air tawar yang keluar dari bebatuan. Konon, diyakini khasiatnya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit. Penduduk sekitar pun membuatkan pembatas dari batu dan dibangun seperti sumur. 

Keunikan lain yang dapat ditemukan di pantai Watu Dodol ini adalah batu karang. Unik, karena bentuknya yang berbeda dengan batu karang kebanyakan. Batu karang di pantai Watu Dodol berwarna hitam mengkilap dan sangat keras. Tumbuhan kaktus juga banyak tumbuh di sekitar bebatuan.

Selain keunikan batunya, Watu dodol juga memiliki sepenggal kisah. Menurut cerita dari warga setempat bahwa dulu pernah ada penjajah Jepang yang menetap di Watu Dodol. Mereka berniat memindahkan Batu yang sangat besar tersebut ke lautan. Menurut mereka keberadaan Batu besar itu mengganggu. Akhirnya, batu tersebut berhasil dipindahkan ke tengah laut.

Tapi anehnya, Batu tersebut kembali ke tempat semula. Begitulah mitos yang beredar terutama masyarakat sekitarnya. Hanya saja, memang hingga kini batu itu masih bertengger di tengah-tengah jalan raya, yang menikung.

Didapati juga kisah dengan versi lain. Menurut kepercayaan masyarakat setempat, batu tadi berasal dari dodol, yang dibawa tentara asal Jawa ketika akan berangkat mengungsi ke Bali. "Lantaran itulah batu tadi disebut Watu Dodol," Kata salah seorang warga.

Pengen ke Watu Dodol??

Yuk booking tiketnya di:
Srikandi Tour and Travel; cheaper, faster, 24 hours
Revio Building Lt. 2
Jl. Kaliwaron 58-60 Surabaya 60285
Phone: 082141606278           
BB : 29F6B6B4

Ready Pesawat Dan Kereta Api

Ingin info unik, foto keren dan menarik plus tips-tips tentang travelling?
Follow kami: @travelkeren
Page Facebook: Srikandi Tour And Travel
Group: Travell Keren

Rujukan:
1.     http://news.liputan6.com/read/14937/watu-dodol-antara-wisata-mitos-dan-legenda
2.    dll

Tidak ada komentar:

Posting Komentar