Selasa, 28 Januari 2014

Seru: Legenda Mitos Dibalik Candi Prambanan!!!




Inilah candi dengan bentuk penuh keanggunan dan dikenal sebagai salah satu ikon budaya Indonesia. Candi Prambanan adalah candi Hindu terbesar di Asia Tenggara.

Letaknya yang dekat dari Candi Borobudur, seperti ingin menunjukan kepada kita tentang keharmonisan antara umat Hindu dan Budha di Pulau Jawa. Keharmonisan itu  bukan hanya di masa lalu melainkan juga saat ini.

Masyarakat sekitar memberi nama candi ini dengan sebuatan Roro Jonggrang. Bukan tidak ada alasan, sebaliknya di balik kemegahannya, candi ini memiliki cerita. Disebutkan dahulu kala ada seorang pemuda yang sangat sakti dan kuat yang ingin menikahi putri yang cantik bernama Roro Jonggrang.

Sang raja yang tidak lain adalah ayah dari sang putri pun memaksanya untuk menikah dengan Bandung Bondowoso. Roro Jonggrang tidak mencintainya namun tidak pula bisa menolaknya. Setelah melalui petimbangan yang panjang, akhirnya dia memberikan satu syarat kepada Bandung Bondowoso untuk membangun 1000 buah candi dan berjanji akan menikah dengannya jika syarat itu bisa diselesaikan sebelum fajar menyingsing.

Roro jonggrang meminta agar pekerjaan tersebut selesai sebelum ayam berkokok yang dia pikir sebagai sesuatu yang mustahil. Tapi Bandung Bondowoso yang sakti hampir dapat menyelesaikan 999 candi dengan bantuan jin dan kekuatannya. Roro Jonggrang pun meminta para wanita di kampung untuk mulai memukul padi agar para ayam terbangun dan mulai berkokok.

Bondowoso sangat kecewa dengan perlakuan Roro Jonggrang, lalu mengubah Roro Jonggrang menjadi batu yang kini dikenal sebagai Candi Prambanan. Sedangkan candi di sekitarnya dinamakan Candi Sewu atau Seribu candi.

Kota terdekat ke Prambanan ialah Yogyakarta dan Semarang. Dari Yogyakarta, Sobat Travelling bisa menyewa mobil ke Klaten. Dari sana dapat berjalan menuju Candi Prambanan.

Bisa Booking Tiketnya di sini:

Srikandi Tour and Travel; cheaper, faster, 24 hours
Revio Building Lt. 2
Jl. Kaliwaron 58-60 Surabaya 60285
Phone: 082141606278    
BB : 29F6B6B4

Ready Pesawat Dan Kereta Api

Ingin info unik dan menarik plus tips-tips tentang travelling?
Follow kami: @travelkeren
Page Facebook: Srikandi Tour And Travel
Group: Travell Keren

Rujukan: http://goklik-info.blogspot.com/2013/02/6-tempat-wisata-indonesia-yang-lahir.html


Tidak ada komentar:

Posting Komentar